Rabu, 03 Desember 2008

Mengenal Lebih Dalam Budaya Imlek

Siapa yang tidak tahu perayaan Imlek di Indonesia? Setelah terpilihnya presiden Abdurachman Wahid, salah satu adat istiadat yang berasal dari negara Cina ini sudah menjadi hari libur nasional di Indonesia. Kami menyukai budaya ini karena kami sudah merayakannya sejak kecil. Kami tidak ingin hanya sekedar merayakan perayaan yang diadakan setiap tahun sekali ini. Kami ingin mengenal lebih dalam lagi dari budaya tersebut, karena selama ini yang kami tahu tentang Imlek hanyalah ajang untuk "cari duit" dan "kumpul-kumpul" saja.

Ternyata perayaan Imlek bukan seperti yang kami pikirkan. Perayaan ini sebenarnya memiliki tujuan yang jelas yaitu untuk menghormati Nabi Konghucu. Siapa sih nabi Konghucu itu, sampai dia begitu dihormati oleh orang Cina? Awalnya Imlek dicetuskan oleh Huang Di atau kaisar Kuning (2698 - 2598 SM). Setelah 4 kali gonta-ganti sistem penanggalan, Nabi Konghucu melihat bahwa sistem penanggalan Huang Di yang dianggap paling cocok untuk masyarakat Cina saat itu yang mayoritas hidup dari pertanian. Karena awal tahun barunya jatuh pada awal musim semi, sehingga dapat digunakan sebagai pedoman dalam pertanian, namun nasihat bijak itu tidak digubris pemerintahan waktu itu (Dinasti Qin). Setelah runtuhnya Dinasti Qin, berdirilah dinasti Han yang meresmikan sistem penanggalan yang disarankan nabi Konghucu. Dari sinilah awal berdirinya perayaan Imlek serta agama Konghucu.

Dengan mempelajari sejarah ini kami semakin mengerti bahwa perayaan Imlek harus diperingati oleh orang-orang etnis tionghoa khususnya yang beragama Konghucu.

51407002/51407049

3 komentar:

shin-ann mengatakan...

wah...kita sama2 bahas tentang imlek nih. tapi aq salut nih, kalian sampe cari sejarahnya imlek. aq aja ga tau tentang sejarahnya, cuma tau budayanya yaitu "kumpul2" and "cari duit". he5x....
blog kalian lumayan koq. ok2, segitu dulu ye...ciayo....

ciayo-girls.blogspot.com
51407047 dan 51407152

Listiani Lo (51407020) en Lisa Ongko (51407019) mengatakan...

wah2...kita patut berterima kasih sama orang yang mencetuskan ide 'imlek'..kalo gak sumber penghasilan kita berkurang...wkwkwkw

menurut kami blognya dah bagus, simpel...tapi mungkin analisanya perlu lebih dalem lagi.. misalnya bahas ttg ritual-ritual wkt imlek...kan biasanya unik2..

overall...Ok dah !

Stop_Gaptek mengatakan...

jadi pengen imlek...